Kamis, 24 Januari 2008

Ichimoku Kinko Hyo


Ichimoku kinko-hyo digunakan untuk memberi ciri atau pertanda adanya tren pasar, dan batas support resistance, dan juga untuk membangkitkan sinyal beli dan jual. Indikator ini paling bagus digunakan pada grafik harian dan mingguan.

Ketika menetapkan dimensi dari paramater-parameter, empat waktu interval/jeda digunakan. Nilai-nilai dari garis individual yang membentuk indikator ini didasarkan pada interval-interval tersebut di bawah ini:
Tenkan-sen, menunjukkan nilai harga rata-rata selama interval waktu pertama, ditetapkan sebagai jumlah dari maksimum dan minimum di dalam waktu ini, kemudian dibagi 2;
Kijun-sen menunjukkan nilai harga rata-rata selama interval waktu kedua;
Senkou Span A, menunjukkan nilai tengah jarak antara dua garis harga sebelumnya yang digeser ke depan oleh nilai interval waktu kedua;
Senkou Span B, menunjukkan nilai harga rata-rata selama interval waktu ketiga yang digeser ke depan oleh nilai interval waktu kedua.

Chinkou Span menunjukkan harga penutupan (closing price) pada candle saat ini yang digeser ke belakang oleh nilai interval waktu kedua. Jarak antara garis Senkou diarsir dengan warna lain dan disebut “cloud/awan”. Bila harga berada di antara garis-garis ini, pasar bisa dianggap sebagai non-tren, dan cloud membentuk batas support dan resistance.

Bila harga berada di atas cloud, garis bagian atas menjadi batas support pertama, dan garis kedua membentuk batas support kedua.
Bila harga berada di bawah cloud, garis bagian bawah menjadi batas resistance pertama, dan yang di atasnya membentuk batas kedua.
Bila garis Chinkou Span menyilang price chart pada arah bottom-up (naik), maka itulah signal untuk beli. Bila garis Chinkou Span menyilang price chart pada arah top-down (turun), maka itulah signal untuk jual.

Kijun-sen digunakan sebagai indikator pergerakan pasar. Bila harga lebih tinggi daripada indikator ini, harga kemungkinan akan terus meningkat. Bila harga menyilang garis ini, maka kemungkinan ada perubahan tren yang lebih jauh.

Kegunaan lain Kijun-sen adalah memberikan signal. Sinyal beli adalah ketika garis Tenkan-sen menyilang Kijun-sen pada arah bottom-up (naik). Arah top-down (turun) adalah sinyal untuk jual.

Tenkan-sen digunakan sebagai indikator tren pasar. Bila garis ini naik atau turun, berarti ada tren. Bila bergerak horisontal, maka berarti pasar telah masuk ke dalam channel (dengan kata lain tidak ada tren).


(diambil dan diterjemahkan dari www.metaquotes.net)

Tidak ada komentar: